Saturday, August 4, 2012

Tentang Menjadi Kalem dan Mandiri.

Tentang Menjadi Kalem dan Mandiri.
Pelajaran Dari Anak Kos

            Apa yang saya tulis ini,  berdasarkan fakta, tidak mutlak bisa dijadikan rujukan, apalagi menjadi pedoman. Berdasarkan pengalaman hidup sebagai anak kos kurang lebih empat tahun, pengalaman saya ini dapat menjadi tambahan pengetahuan, akan menjalani hidup sebagai anak kos yang baik. Anak kos yang kalem dan mandiri.
            Salam anak kos.
            … … … … …

            Kalem dan Mandiri (Calm and Independent) adalah dua sifat utama anak kos.
            Sebagai seorang anak kos, Sering kali kami diberikan berbagai macam cobaan dan masalah.  Cobaan dan masalah yang apabila disikapi dengan benar menjadi sarana pendewasaan yang luar biasa.  Pengalaman menjadi anak kos memang sesuatu yang tiada gantinya di dunia ini.
            Menjadi anak kos berarti jauh dari keluarga atau kota tercinta, dan segala hal yang membuat kita nyaman di dalamnya. Dengan memutuskan menjadi anak kos, entah karena sedang menyelesaikan studi ataupun karena bekerja, seseorang telah memasuki satu lagi masa-masa penting di hidupnya.  Menjadi anak kos adalah tentang menjadi kalem dan mandiri.
            Ngomong-ngomong, apakah saya benar menerjemahkan calm menjadi kalem ?
            Kalem dalam artian tetap tenang, tetap mawas diri, dan tetap positif penting untuk dimiliki seorang anak kos.  Berbagai cobaan dan uijan hidup harus disikapi dengan kalem, dengan tenang, tidak gegabah.  Ketika suatu masalah datang, anak kos dihimbau tidak panik. Apalagi berteriak histeris.  Anak kos harus tetap kalem serta mengendalikan dirinya. Dengan kalem, kita dapat menemukan solusi dari berbagai permasalahan.  Sebagai contoh, masalah habisnya uang di tengah bulan, jika kita sikapi dengan kalem, akan menghasilkan solusi-solusi tidak terduga, misalnya meminjam uang ke teman-teman hingga mengurangi porsi dan waktu makan.  Ini juga bisa berlaku untuk seseorang yang bukan anak kos.

             Sedangkan mandiri, adalah juga salah satu sifat yang mampu membuat seorang anak kos melalui waktu-waktu sulit dalam hidup merantaunya.
            Ketika andai saja, setelah kiriman uang sudah habis tidak pada waktunya, dan ketika teman-teman dan handai taulan menjauh saat kita meminjam uang, dan ketika warung tegal terdekat menolak untuk dihutang, seorang anak kos harus mampu mandiri, berdiri di atas kaki sendiri.  Mendapatkan uang, mencari penghasilan tambahan, tidak bergantung pada kiriman, mau tidak mau harus dilakukan.
            Banyak cara seorang anak kos bisa mendapatkan penghasilan tambahan.  Pengalaman saya sebagai anak kos plus pengamatan saya pada anak kos lainnya, menyimpulkan ada beberapa profesi yang dapat menjadi pilihan:
a.    Pengajar bimbingan belajar.
Profesi ini memberikan Anda kesempatan untuk menyalurkan dan menyumbangkan ilmu Anda untuk kemajuan pendidikan Indonesia sambil mendapatkan penghasilan yang lumayan.  Profesi ini cocok untuk Anda yang hanya punya waktu luang sedikit di waktu sore atau malam hari.  Potensi penghasilan 500.000 – 1.000.000 rupiah per bulan.
b.    Distributor MLM
Profesi ini menuntut Anda memiliki kemampuan komunikasi dan pemasaran yang baik. Untuk menjadi seorang distributor MLM, seseorang harus menjalani serangkaian pelatihan.  Profesi ini menuntut waktu yang cukup banyak.  Potensi penghasilan nol sampai tak terhingga.
c.    Penjual voucher pulsa fisik maupun elektrik.
Profesi ini hampir tidak membutuhkan keterampilan apapun selain mengetik sms dengan baik dan pemahaman akan harga pulsa.  Namun, profesi ini sangat rentan di hutangi. Potensi penghasilan belum diketahui.
d.    Penjual kue-kue, baju, tas atau sepatu.
Apapun barang yang dijual, profesi ini mampu melatih kita menjadi pengusaha yang baik.   Perlu diketahui barang yang sedang menjadi trend saat ini.  Potensi penghasilan fluktuatif.
e.    Pengawas ujian SNMPTN atau SIMAK UI
Ini adalah profesi musiman setahun sekali.  Tidak dapat dijadikan sandaran.  Catat waktunya: bulan juni-juli tiap tahun. Potensi penghasilan 300.000-500.000 rupiah tiap bulan juni-juli tiap tahun

Sukses adalah Hak Semua Orang !
Masih banyak profesi-profesi lain yang tidak mungkin saya ceritakan semua disini.  Kesemua profesi itu, apabila dijalankan dengan sungguh-sungguh, fokus dan ikhlas, pasti mendatangkan kesuksesan untuk semua orang, termasuk seorang anak kos sekalipun. Salah satunya adalah profesi penulis / blogger yang belakangan ini saya gandrungi.
Selain menjadi salah satu ruang untuk berekspresi dan mencurahkan keluh kesah kehidupan (apaan), menulis bisa saja mendatangkan uang untuk Anda. Kecuali Anda seorang penulis yang sudah memiliki nama, tulisan Anda memang tidak melulu bisa menjadi uang. Mencapai tahap penulis seperti itu, Anda memerlukan bayak waktu latihan dan serangkaian riset ketika akan menulis karya Anda.
Sewaktu saya memutuskan untuk menjadi blogger yang aktif, saya mengetahui bahwa banyak ajang yang dapat dijadikan sarana latihan sekaligus berkompetisi untuk para blogger (apalagi pemula) seperti saya.  Salah satunya adalah ajang Sony VAIO Blog Competition baru-baru ini.  Sony VAIO Blog Competition mengajak para blogger untuk menulis suatu artikel, atau ekspresi foto, atau video, berkaitan dengan produk Personal Computer (PC) terbaru yang Sony VAIO luncurkan yaitu SONY VAIO Seri E14P. 
Varian SONY VAIO Seri E14P
 Produk SONY VAIO Seri E14P memiliki beberapa varian yang disesuaikan dengan kepribadian tiap orang.  Diantara varian itu, sesuai kepribadian saya sebagai anak kos, saya memilih varian yang berwarna putih dan semburat biru.  Kenapa ? karena inilah aku !. Because its me ! =D
Putih dan Biru adalah tentang Calm and Independent, tentang Kalem dan Mandiri.  Saya rasa, deskripsi saya tentang seorang anak kos di awal tulisan ini sudah bisa menjelaskan kenapa Kalem dan Mandiri yang diwakili oleh SONY VAIO  Seri E14P varian putih-biru adalah varian yang saya pilih.  SONY VAIO Seri E14P sudah selayaknya menjadi pilihan setiap anak kos atau semua orang yang mencintai kebebasan (kebebasan yang bertanggung jawab dan menghormati hak orang lain tentunya).
Varian Calm and Independent... =')
 Selama ini saya menulis menggunakan PC, atau lebih umum di sebut laptop.  Produk SONY VAIO Seri E14P adalah laptop yang sangat memanjakan penggunanya.
Pertama dari segi desain yang menawan, yang tentu selain membuat betah sang pemilik, juga dapat meningkatkan gengsi di mata orang lain.  Dua sisi dalam diri seseorang, intrapersonal dan interpersonal dipenuhi oleh produk ini. 
Kemudian, yang kedua, adalah spesifikasi yang dimiliki SONY VAIO Seri E14P.  Baterai laptop yang mampu bertahan selama lima setengah jam tentu sangat memudahkan sekali untuk seseorang yang memiliki mobilitas tinggi dalam rutinitasnya.  Selamat tinggal hari-hari mencari colokkan listirik.  Kemudian didukung generasi ketiga Intel Core i7 CPU dengan AMD Radeon HD 7670M GPU diskrit (VRAM 1GB) membuat pekerjaan, apalagi yang berkaitan dengan banyak grafis dan koneksi internet akan berjalan lebih baik dan cepat dan tentunya bebas stress!.  Untuk saya pribadi yang juga penggemar game di PC, processor jenis ini pasti begitu memanjakan karena membuat tampilan game dan permainan menjadi lebih menarik.
Yang ketiga adalah fitur-fitur lain seperti speaker yang extra loud ( entah bagaimana terjemahan yang benar ), gesture control ala film Minority Report yang menurut saya keren sekali, web cam dengan resolusi, 1.3-megapixel  akan menunjang aktivitas dari foto narsis seseorang hingga Skype-an.  Ukuran PC yang 14 inci juga cukup memudahkan untuk dibawa kemana-mana.  Keyboard protector juga membuat keyboard Anda menjadi terlindung dari kotoran atau minyak yang merusak pad. Bonus langsung Pouch laptop dan mouse juga langsung didapatkan. Tidak, jangan melulu membawanya di dalam tas saja, saya sarankan untuk sesekali menjinjingnya dengan sengaja karena itu pasti akan terlihat keren sekali.
Seperti itulah gambaran dari produk SONY VAIO Seri E14P.  Produk yang sangat bagus bukan ?..  Kalau Anda sedang mencari PC, saya sangat menyarankan untuk memilih produk SONY VAIO Seri E14P.  Kalau Anda seorang anak kos atau seseorang yang mencintai kebebasan, Anda selayaknya memilih SONY VAIO Seri E14P. varian Calm and Independent itu.  Bahkan Gita Gutawa pun memilihnya =D !
Gita Gutawa dengan SONY VAIO Seri E14P Varian Calm and Independent

  • Stumble This
  • Fav This With Technorati
  • Add To Del.icio.us
  • Digg This
  • Add To Facebook
  • Add To Yahoo

1 comments:

abdul jamaludin said...

salam lemper may bro hahaha
inih punya gue celotehpolos.blogspot.com

Post a Comment