Monday, July 2, 2012

Viva Espana !

Viva Espana !

Di bulan gue nulis ini, sedang berlangsung pergelaran Euro 2012 di Polandia-Ukraina. Ngga, gue ngga kesana, gue belum kesana tepatnya. Insya Allah gue akan mampu dateng langsug nonton pergelaran akbar sepakbola dunia. Amiiinn.

Gue nonton dari sini, dari Indonesia, negara yang sepakbolanya mulai berjalan ke arah yang bener. Yah, masih jauh, jauh banged untuk sampe ke tahap persaingan dunia, masih banyak-banyak-banyak banged yang harus dibenahi.  Tapi gue percaya Indonesia BISA ! =D

Gue nonton lewat layar kaca, entah itu dirumah, dikosan, nonton bareng temen-temen, hingga nonton bareng di jalan. Seru sekali, pengalaman nonton bareng seperti ini.  Pertandingan-pertandingan di Euro kali ini cuma 2 yang gue lewatin, itu waktu Polandia lawan Ceko, dan Perancis lawan Inggris karena gue kadang-kadang sakit efek dari nonton bola tiap malem sampe subuh. hehe.

Tim favorit gue adalah Spanyol.  Tim yang sejak tahun 2008 gue suka.  Sebelumnya ga ada tim di Eropa yang begitu gue sukai. Raul Gonzalez, Iker Casillas danXavi Hernandez dkk bikin gue jatuh cinta waktu itu lewat permainnanya.  Mungkin ada juga faktor gue fans dari klub Barcelona juga, sehingga gue suka Spanyol.  Soalnya banyak pemain Barcelona yang jadi pemain di timnas Spanyol.  Selain Xavi, ada Andres Iniesta, Francesc Fabregas, Gerard Pique, Sergio Busquets, Victor Valdez ( ni kiper parah banged ), Pedro Rodriguez dan pemain baru mereka Jordi Alba di Euro 2012 ini.

Pertandingan pertama Spanyol adalah lawan Italia, negara kuat lainnya yang dikenal memiliki pertahanan tangguh dan kiper luar biasa, Gianluigi Buffon.  Benar saja, pertandingan berlangsung ketat sekali dan berakhir dengan skkor imbang 1-1. Skor yang cukup untuk modal kedua tim. Gol Spanyol dicetak Fabregas, pemain bernomor punggung 10 di Spanyol. Italia membalas lewat gol Antonio Di Natale.  Kedua kiper dari masing-masing kubu benar-benar menunjukkan kelasnya sebagai kiper-kiper terbaik dunia. Casillas vs Buffon.

Pertandingan selanjutnya, Spanyol melawan Irlandia, negara asal Robbie Keane. Di pertandingan ini, Spanyol mulai menemukan jati dirinya dengan permainan bola pendek dan penguasaan lapangan yang khas disebut dengan " Tiki Taka ". Diakhir pertandingan, Spanyol menang 4-0.  Fernando Torres yang ajaib itu, mencetak 2 gol, selain David Silva dan Fabregas.  Mencetak gol nya Torres selalu saja menjadi hal yang menarik di setiap pertandingan yang dia ikuti.  Banyak orang malah begitu terharu setiap pemain ini mencetak gol.  Fenomena Torres ini sering disebut " Torres Day Effect ".  Konon hari dimana Torres mencetak gol akan dilalui dengan hujan deras atau panas terik yang luar biasa.

Pada pertandingan selanjutnya, Spanyol menghadapi perlawanan ketat dari Kroasia, pertandingan pun berakhir dengan skor 1-0 saja, lewat gol penentu dari pemain sayap Spanyol, Jesus Navas.  Sekedar info, bermain lewat sayap jarang dilakukan oleh Spanyol. Itulah kenapa Jesus Navas menjadi pemain cadangan di Timans.

Spanyol bersama Italia pun melaju ke perempat final.

Di perempat finalm Spanyol menghadapi negara kuat Perancis.  Walaupun menghadapi negara kuat di Eropa ini, yang juga merupakan salah satu unggulan. Spanyol dapat menang 2-0 dan melaju ke semifinal untuk menghdapapi Portugal, tetangganya di Semenanjung Iberia.

Dalam pertandingan melawan Portugal, yang dipimpin oleh salah satu pemain terbaik dunia saat ini, Christiano Ronaldo. Spanyol sempat kerepotan, hingga 2x90 menit, Spanyol tidak mampu mencetak gol. Bahkan hingga dua kali babak tambahan Silver Goal.  Hingga akhirnya pemenang harus ditentukan lewat adu penalti.  Disinilah Iker Casillas, yang memiliki julukan Saint Iker dituntut menunjukkan kelasnya.

Benar saja, Iker Casillas mampu memblok dua tendangan penalti penain Portugal.  Penalti dari Fesc Fabregas menempatkan Spanyol di partai final untuk bertemu Italia yang pada hari selanjutnya mengalahkan Jerman dengan skor 2-1.

Di pertandingan final, yang diprediksi berlangsung ketat oleh banyak pengamat, Spanyol malah dapat begitu leluasa menguasai pertandigan. Lini tengah Spanyol mendominasi lapangan, dan mematikan kreativitas pemain-pemain Italia.  Pemain Italia dipaksa terus lebih sering ada di daerah pertahanan sendiri. Diserbu bergelombang oleh pemain-pemain Spanyol di sepanjang pertandingan.  Dan mengejutkan sekali, Juara piala dunia 2006, Italia tidak berdaya melawan juara bertahan Eurp 2008 dan juara piala dunia 2010. Spanyol dan menyerah dengan skor mencolok... 4-0 ! Keempat gol Spanyol dicetak oleh David Silva. Jordi Alba, Fernando Torres (lagi) dan Juan Mata (assistnya dari Torres lho).

Dan Spanyol pun menjadi negara pertama yang mampu menjadi juara bertahan d EURO !

Spanyol juga yang menjadi negara pertama yang juara 3 x berturut-turut ajang besar sepakbola dunia, Euro 2008, Piala Dunia 2010, dan Euro 2012 ini !
Bukan itu saja... si ajaib Fernando Torres menjadi pemain yang meraih Golden Shoes dengan torehan 3 golnya, plus 1 assist padahal menit bermainnya tidak terlalu banyak. Selain itu, masih ada Mario Gomez ( Jerman), Mario Balotelli ( Italia ), Mandzukic (Kroasia ) dan Alan Dzagoev ( Rusia ) yang juga mencetak 3 gol. Namun, karena Torres bermain dengan menit yang lebih sedikit, plus punya 1 assist, Torres lah yang mendapatkan penghargaan itu. Sungguh mengharukan.

Untungnya, hari gue nulis ini, tidak ada hujan badai maupun badai matahari karena fenomena Torres ini. 

Bukan itu saja, pemain tengah Spanyol  bernomor punggung 6, Andres Iniesta dinobatkan menjadi pemain terbaik Eurp 2012 !
Dapat dipastikan juga pemain-pemain Spanyol akan mendominasi Dream Team yang akan dirilis ! =D
Spanyol menakjubkan ! Spanyol legendaris ! viva Espana ! 

Dapat dibilang pemain-pemain timnas Spanyol kali ini adalah generasi terbaik timnas Spanyol bahkan untuk timnas di dunia ini.  Tentu saja hal ini tidak muncul begitu saja, tapi lewat pembinaan dan penyelenggaraan kompetisi yang serius. Indonesia layak belajar dari Spanyol. INDONESIA PASTI BISA!
Akankah kiblat sepakbola dunia berpindah dari Brazil-Argentina menjadi saudara di Semenanjung Iberia; Spanyol-Portugal ? Portugal yang dikomandoi CR7 juga dapat dibilang menjadi fenomena baru di jagat sepakbola.

Well. Euro 2012 sudah berakhir, cukup banyak kejutan dan momen-momen yang terjadi.  Tidak lolosnya Belanda, compang campingnya timnas Inggris, hingga momen buka bajunya Balotelli saat mencetak gol kedua ke gawang  Jerman di semifinal.  Menang atau kalah tim pilihan kita semoga disikapi dengan bijaksana, negara orang juga kan yang main ? hehe. Jangan sampe kita berantem atau sampe saling hujat karena tim favorit kita dikalahkan tim favorit orang lain.

Bagaimana dengan gue ? yah gue masih mendukung Spanyol sebagai negara favorit gue, mungkin bosen ya orang-orang lain, Spanyol terlalu hebat atau menang mulu, hehe. Kalo gitu gue akan berhenti dukung Spanyol kalo mereka juara dunia lagi di Brazil 2014 nanti deh ! =p

Well, cukup sekian dan terimakasih. Itu dari saya, kurang lebihnya mohon maap. Yang salah-salah adalah dari saya ini, yang benar-beanr pasti hanya datang dari Tuhan saya, Allah SWT.

Selalu INGAT ya, jangan jadi suporter kamseupay, dan terus dukung kemajuan sepakbola Indonesia ! INDONESIA PASTI BISA !
  • Stumble This
  • Fav This With Technorati
  • Add To Del.icio.us
  • Digg This
  • Add To Facebook
  • Add To Yahoo

0 comments:

Post a Comment