Saturday, December 15, 2012

KISAH JERSEY BARU DAN DUA HP RUSAK




Hmm, gue lama juga ga nulis blog, padahal setiap hari selalu saja ada ide yang terlintas.  Dorongan malas memang lebih kuat dibandingkan keinginan menuliskan ide-ide. Tapi, akhirnya gue memaksakan diri buat nulis malam ini. Semoga berhasil.

Gue habis kena musibah.  Tempo hari kedua hape gue tercebur di saluran air. Sigh. Terceburnya hape gue itu pun bukan tanpa sebab, tapi karena kecerobohan gue saat itu yang membiarkan tas gue kebuka sehingga sewaktu gue berjalan, seluruh isinya keluar carut marut.

Sebenarnya gue merasa kejadian rusaknya kedua hape gue itu mengandung pesan yang lebih dalam.  Saat itu gue lagi ngebayar jersey (yang entah keberapa) yang gue pesen dari salah seorang teman.  Jersey terbaru gue itu adalah jersey away dari klub Manchester City.  Merah marun warnanya.  Jersey itu lagi gue pake sekarang, waktu gue nulis artikel ini.

 Main bass pake jersey baru
(plis jangan diketawain alaynya gue)

Sebenarnya gue udah punya komitmen (yang entah bagaimana selalu gue langgar) untuk stop sejenak ngebeli jersey.  Pertama untuk alasan penghematan. Kedua karena gue sedang memulai bisnis gue dibidang studio dan rental alat musik akustik (@AkustiKan_ : #LebihAsikMainAkustik).  Tapi, memang pada dasarnya gue berkomitmen lemah, gue melanggar juga tuh apa yang udah gue komitmenkan. Berarti bukan komitmen ya namanya ?

Hari itu pun gue dengan sadar melanggar komitmen diri itu.  Gue memesan satu buah jersey lagi.  Dalam proses pembayaran itu lah kejadian jatuhnya kedua hape gue kedalam saluran air terjadi.

Waktu gue kekampus buat ketemu temen gue ambil jersey, gue belum solat zuhur, padahal waktunya sempat.  Dikosan, sewaktu akan berangkat, gue sebenarnya kepikiran mau solat dulu, tapi gue malah ga jadi solat.  Waktu itu gue pikir bisa lah solatnya dikampus aja sekalian.  Bisa, gue memang bisa solat dikampus waktu itu, tapi gue tertegur sebelumnya.

Waktu kedua hape itu tercebur, gue memang sempat refleks dengan cepat menyelamatkannya dan berharap kalau keduanya tidak rusak. Memang sih, beberapa menit kedua hape tersebut masih nyala dengan baik. Tapi, lama kelamaan, kedua hape itu ngga nyala lagi, saat itulah gue panik.

Gue panik karena kedua hape itu sudah j adi bagian yang begitu penting buat hidup gue.  Nexian, hape made in china penting banged buat gue terkoneksi sama orang-orang lewat sms dan layanan telepon.  Blackberry tentu saja sangat membantu gue dengan layanan BBM juga berbagai social media didalamnya, apalagi setelah gue menjalani bisnis @AkustiKan : #LebihAsikMainAkustik.

Gue langsung kepikiran jalan pintas saat itu : gue harus segera benerin ini hape !

Hal yang pertama gue pikirin adalah pergi ke Blackberry Center di Margonda Coty, tempat gue membeli BB ini.  Disana gue berharap teknisi nya bisa memperbaiki kerusakan.  Jangan sampai gue harus beli BB lagi. Parah, ga ada duit gue.

Selanjutnya gue harus punya hape Nexian atau lainnya untuk segera dapat smsan dan teleponan. Parah kalau gue ga bisa dihubungi; gue ga bisa ngajar, gabisa kabarin orang tua, gabisa terkoneksi sama temen-temen, gabisa berhubungan sama pacar...

Dari kampus, gue langsung ke arah Margo City naik motor.  Memang dasarnya gue sedang ditegur Allah ya, dalam perjalanan rantai motor gue lepas ! iya lepas. Mending lepasnya dipinggir jalan, tapi ini lepasnya saat gue ditengah perjalanan, dalam kecepatan yang kencang pula.  Gue berpikir, pasti ini rantai motor juga harus diganti.  Entah mengapa, gue merasa pikiran gue ini tepat. Gue merasa hari itu, Allah lagi berbicara sama gue banged.

Setelah membetulkan rantai motor sebisanya, yang penting jalan, gue pun melanjutkan perjalanan. Dalam perjalanan itu gue melewati sebuah konter hape.  Sekilas gue ngeliat ada beberapa hape Nexian terdisplay di depan toko. Langsung aja gue puter balik dan mendatangi konter yang bersangkutan.

Kenapa harus merek Nexian ? Yah, alasannya sih klasik.  Selain memang kebuAllah gue untuk hape model-model begini cuma buat sms sama nelpon, gue sudah terlanjur suka dan nyaman pake hape Nexian.  Gue orang yang cukup setia dalam memilh suatu merek buat digunain.

Gue dapetin hape yang lumayan... mahal.  Hape Nexian gue sebelumnya “Cuma” 300 ribu. Itu sudah bisa macem-macem; sms, telpon, MP3, bluetooth, voice recorder, dan masih banyak yang lainnya. Namun, hape Nexian baru ini nampaknya malah lebih canggih lagi. Ada radio sekaligus televisinya !. Mungkin selanjutnya, China bakal bikin GPS di hape murah meriah seperti ini ya. Apapun, Nexian, Keep up a good work !

Nexian Baru dan Lama

Jadilah, uang 400 ribu, yang sejatinya buat bayar kosan berpindah tangan dengan mulus ke tangan sang penjual hape...
 
Saat itu sudah cukup sore dan gue harus sudah mengajar di BTA Siliwangi, Depok. Jadi gue memutuskan buat menunda ke BB Center Margo City setelah mengajar.

Selama mengajar ( yang tentu saja gue telat ). Gue ga konsen banged. Gue kepikiran apakah ini semua karena gue sedemikian meremehkan solat tepat waktu sehingga Allah menghukum gue ? apa karena Allah kesal ? Masa Allah kesal.. Atau karena Allah sayang ? kangen sama gue yang solat tepat waktu ? Terus Allah negur gue lewat musibah biar gue ni ga berbesar kepala baru dikasih nikmat sedikit aja sudah lupa sama keberadaan Tuhan ?

Gue juga merasa akhir-akhir ini udah ga rutin beramal sewaktu solat jumat dengan uang 50 ribu.  Padahal sudah hampir setengah tahun amalan gaya ini gue lakuin. Waktu gue makin lama makin banyak rejeki, ternyata gue malah lupa diri... Ya Allah.. Pantesan aja. Bener kata seorang temen gue, kalo suatu saat kita diuji dengan kerusakan atau kehilangan barang yang disayang, coba introspeksi, kita lagi kurang beraamal atau ngga ?

Waktu selesai solat Ashar, gue langsung “berbicara” sama Allah. Ya Allah, terimakasih aku sudah diingatkan hari ini, terimakasih aku sudah ditegur dan disadarkan.  Terimakasih ya Allah... Maafin aku Ya Allah, sudah sedemikian besar kepala dan berpuas hati dengan nikmat dari mu. Sekarang, tolong bantu aku agar bisa dan kuat menjalani semua ini Ya Allah. Amin.. Eh serius, gue “ngomong” nya kaya gini.

Setelah solat dan mengadu, ternyata bener gue jadi lebih tenang, gue pun bisa menjalani sisa sesi mengajar hari itu dengan baik. Ngomong-ngomong, cuma satu murid yang dateng hari itu dari sepuluhm anak-anak memang sebagian besar sudah UAS sih, jadi ya makin males buat masuk bimbel.

Saat itu kebetulan ada ade kelas gue, si April juga lagi ngajar Biologi. Kebetulan sudah lama ga jalan bareng April. Jadi gue memutuskan buat pergi mereparasi ini BB bersama April.

Sebenarnya gue masih was-was, akan berapa biaya perbaikan BB nanti ? gue ada sih uang, tapi itu uang modal bisnis, dan ga seberapa, gimana kalau jutaan biaya reparasinya ?.  Dari murid gue tadi, gue dapet info kalau biaya reparasi ganti layar LCD mungkin 400 ribu. Sekali lagi, itu mungkin.  Seandaina 400 ribu pun, gue sudah habis 800 ribu berarti hari ini. OH GOD.

Sesampainya di Margo City kami berdua langsung menuju ke BB Center. Disana kami dilayani oleh sang karyawati cantik nan seksi. Aduh malah ngelantur kan.

Sang pelayan cantik itu menjelaskan bagaimana perbaikan akan dilakukan dan tentu saja biayanya.  Dan biayanya bikin gue tercengang... 800 ribu termasuk ganti bagian BB yang rusak lain. Berarti bukan 800 yang gue keluarkan hari ini, tapi 1,2 juta ! Arrgh.

Tapi, bagaimana ya, biar bagaimanapun gue butuh banged BB ini. Akhirnya, walau dengan berat hati, gue menyetujui perbaikan seperti itu, dan akan kembali lagi esok hari untuk memgambil BB yang sudah benar...
  Sang Blackberry

Sepanjang perjalanan pulang sama April gue galau banged... hari ini uang 1,2 juta gue keluarin gitu aja... uang yang seharusnya bisa jadi hal yang lebih bermanfaat.  Padahal gue bsa mengubah semua yang terjadi hari ini dengan satu keputusan kecil, tidak memenuhi nafsu bermewahan gue dengan beli jersey baru.

Yah, nasi sudah jadi bubur, mau bagaimana lagi. Hari ini gue harus jadiin introspeksi untuk kehidupan gue kedepannya. Jangan sampai teguran berharga dari Allah hari ini hanya gue anggap angin lalu tanpa perbaikan diri.

Gue percaya dengan pesan agama gue, bahwa setelah kesulitan, selalu ada kemudahan. Benar saja, kemudahan pertama dateng buat gue; April meneraktir gue sate kambing yang gue suka malam itu ! =D

  • Stumble This
  • Fav This With Technorati
  • Add To Del.icio.us
  • Digg This
  • Add To Facebook
  • Add To Yahoo

0 comments:

Post a Comment