Saturday, October 22, 2011

Seminar Eksplorasi Taman Nasional Baluran oleh HMD Biologi UI


22 Oktober 2011, auditorium Kompas Gramedia Fakultas Psikologi UI.

Diny Hartiningtyas,temen gue di biologi 2008, dalam Seminar Eksplorasi Taman Nasional Baluran yg diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Departemen BIologi UI. Diny mempresentasikan kepada para hadirin tentang hasil eksplorasi +/- seminggu yg dilakukan Organisasi Mahasiswa Pencinta Tumbuhan (OMPT) CANOPY Biologi UI. CANOPY melakukan eksplorasi biodiversitas tumbuhan rumput dan kajian ekologi di Taman Nasional Baluran,Jawa Timur. Salam Konservasi!

Di Biologi UI ada 3 macam Badan Semi Otonom; OMPT CANOPY, Kelompok Studi Hidupan Liar (KSHL) COMATA, dan Study Interest Group on Marine- Biology UI (SIGMA-B UI). Comata adalah kelompok perminatan studi dunia Animalia, sedangkan SIGMA adalah kelompok studi kelautan.

Tiap tahun ketiga BSO ini mengadakan eksplorasi ke suatu taman nasional. Tahun ini eksplorasi itu diadain di Taman Nasional Baluran, Jawa Timur. Setiap eksplorasi dilakukan, selalu ada tema penelitian yang dibawa.
Dalam setiap eksplorasi tersebut, biodiversitas Taman Nasional akan terpetakan dan menjadi informasi yang bermanfaat.

Pada kesempatan tahun ini, CANOPY membawa tema studi ekologi rumput, sedangkan COMATA membawa tema studi reptil dan mamalia besar, dan SIGMA membawa tema studi Gastropoda di perairan Taman Nasional Baluran.


Setelah eksplorasi dilakukan, data penelitian akan disusun. Data penelitian itu kemudian akan di seminarkan seperti yang baru-baru ini dilakukan. Satu hal yang mungkin masih kurang adalah jarang diterbitkannya hasil penelitian dalam suatu jurnal. Entah karena kendala penulisan atau hal lain.

Tetap semangat kawan-kawan. Nothing in life make sense except in a light of Biology !
  • Stumble This
  • Fav This With Technorati
  • Add To Del.icio.us
  • Digg This
  • Add To Facebook
  • Add To Yahoo

0 comments:

Post a Comment